Tuesday, July 14, 2009

Lugu

*
Aku harus mencatat kejadian ini...

Setelah beberapa lama ditinggal "asisten" rumah tangga beberapa waktu lalu, akhirnya seorang pengganti datang akhir minggu lalu.

Seorang "anak" yang sangat lugu dari kampung.

Baru saja aku menelpon dia dari kantor dan memintanya menggoreng ikan yang kemaren aku beli. Lalu terjadi dialog seperti ini, "Ikan yang mana, bu? Kan ada 2 macam: ikan air", disini aku mulai bertanya2... aku pikir maksudnya adalah ikan air tawar atau ikan laut. Tapi sungguh, aku tidak ingat ada ikan air tawar tersimpan di dalam lemari es. Kemudian dia melanjutkan," Dan ikan ayam". Hah! Apa pula ini? Ternyata istilah yang dia gunakan berbeda dengan yang biasa aku gunakan... Beda budaya barangkali :D

Saat dia datang, terjadi wawancara seperti biasa, kami bertanya dari mana asalnya dan bagaimana keadaan keluarganya. Dan untuk sesuatu hal yang bersifat darurat mungkin saja kami perlu menghubunginya melalui hand-phone. Bukan hal yang aneh kami pikir, hampir semua orang sekarang ini memiliki alat komunikasi ini. Lalu disebutlah urutan nomor yang segera dicatat oleh suamiku di hand-phone nya. Untuk meyakinkan nomor yang dicatat benar maka suamiku bermaksud men-test nomor tersebut dan memintanya mengambil hand-phone nya. Seperti kebingungan dia menuju kamarnya dan kembali terburu2, heran tak ada hand-phone ditangannya. "Lho, mana hand-phone mu?". Lalu disampaikannyalah sebagai berikut, "Pak, hand-phone nya ada di kampung. Di ibu saya...". Walah...walah... salah pengertian pertama pun terjadi.

No comments: